Widget edited by super-bee

Minggu, 30 Maret 2014

SOSOK WARTAWAN



SOSOK WARTAWAN
Narasumber : JAJAK AN

ID CARD:















Jajak AN adalah sosok wartawan yang bekerja dimajalah GENTA ( Majalah Pendidikan dan keluarga). Majalah genta adalah majalah dua mingguan yang berasal dari Sragen. Majalah ini belum bayak di kenal di masyarakat Jawatengah, namun sudah cukup dikenal di kota asalnya. Majalah ini sudah terbit lebih dari 300 edisi.
Wartawan atau jurnalis adalah sosok yang bebas dari segala tekanan, keberadaanya lebih banyak disegani dan disukai oleh semua kalangan. Diera yang maju sekarang ini, sosok wartawan telah banyak dikenal melalui karyanya diberbagai media, baik itu media cetak maupun media elektronik. ada beberapa pendapat mengenai sosok wartawan menurut bapak Jajak AN:
1.      Wartawan adalah profesi yang ditakuti tapi juga disenangi
2.      Wartawan itu tidak boleh meliput seenaknya.
3.      Wartawan itu tidak boleh dihalangi dalam mencari berita.
4.      Wartawan juga merupakan manusia biasa.
5.      Wartawan tidak boleh menyudutkan narasumber.
6.      Terkadang wartawan juga lebih peka dari pada polisi.


Dilihat dari penampilannya wartawan itu mirip seperti photographer. Tetapi photographer itu sendiri merupakan sebuah profesi yang berbeda dengan wartawan. Banyak orang salah membedakan antara photographer dengan jurnalis. Sosok wartawan sering berpenampilan apaadanya dan tidak berlebihan dalam berpakaian. Biasanya sosok wartawan memakai ID card. Id card tersebut kadang diperlihatkan kadang juga disembunyikan, tetapi wartawan yang baik itu selalu meperhatikan Id cardnya kepada narasumber. Wartawan juga bisa meberikan identitasnya belakangan setelah mendapat informasi dari narasumber. Jika narasumber keberatan dengan berita yang akan dimuat, maka nama narasumber dapat diganti dengan Anonim, jika narasumber masih keberatan maka berita tidak jadi diterbitkan.
Dalam dunia jurnalis dikenal juga istilah kontributor. kontributor juga berbeda dengan wartawan, banyak kontributor yang mengaku sebagai wartawan. Dijaman globalisasi seperti sekarang ini juga  terdapat istilah wartawan facebook atau wartawan online. Wartawan online ini biasanya memposting beritanya di media online seperti Facebook,Twitter, Blogspot, maupun yang lainnya.
Seorang wartawan juga memiliki target dalam mencari berita. Target tersebut biasanya diberikan oleh atasannya, misalnya dalam seminggu harus dapat tiga berita dan sebagainya. Ada juga wartawan yang malas, sehingga membuat beritanya dikebut dan membuat berita yang asal-asalan. Terlepas dari semua itu Sosok wartawan juga merupakan manusia biasa, yang tak luput dari dosa dan kesalahan.



            Narasumber : Jajak AN
Tempat: Depan Grandmall Solo, saat Car Free Day
Tanggal: 24 November 2013, Pukul: 08.30 WIB
Comments
1 Comments

1 komentar: