Widget edited by super-bee

Minggu, 30 Maret 2014

HARDCORE, Musik atau Ideologi ?



HARDCORE , Musik atau Ideologi ?

Hardcore adalah sebuah genre musik yang berakar dari Punk. Genre musik ini berasal dari Amerika Utara dan United Kingdom yang lahir sejak tahun 1970-an. Maksud dari kata Hardcore itu sendiri bisa mempunyai arti sebagai sebuah perasaan yang kuat, peka, dan sensitif, tetapi dengan disertai tingkah laku hidup yang peduli akan lingkungan dan peduli akan diri sendiri. Ciri khas dari Hardcore secara umum yaitu, suara gitar yang tebal, berat dan lebih cepat dari musik Punk Rock. Dalam setiap lirik lagu dari Band Hardcore pasti terkandung makna yang dalam dan terkadang mempunyai makna yang tersirat dalam lirik-lirik tersebut. Lagu-lagu yang dibawakan oleh Band-band Hardcore biasanya mengusung tema tentang politik, kebebasan berpendapat, kekerasan, pengasingan diri dari sosial.
Perkembangan musik Hardcore di dunia sangat pesat. Indonesia sendiri, musik Hardcore sudah mulai masuk sejak akhir tahun 1980-an. Sampai ditahun 2014 ini perkembangan musik Hardcore sudah berkembang. Di Indonesia perkembangan genre musik ini sudah mulai diakui, walaupun banyak dari Band Hardcore yang hanya berada di jalur indie label bukan mayor label. Banyak band Hardcore di Indonesia yang menyebut diri mereka sebagai musik “Underground“ atau musik bawah tanah. Sebut saja band “Outright”, “Jeruji”, “Bill Fold” “DownForLife”, “Srigala Malam “,”Baku Hantam“ itu hanyalah sedikit contoh band Hardcore yang ada di Indonesia karena sebenarnya masih banyak Band Hardcore lain yang malang melintang di dunia Musik “ Underground” Indonesia. Walaupun perkembangan musik ini tidak terlalu terlihat diberbagai media, baik media cetak maupun media elektronik, namun nyatanya musik Hardcore ini masih menunjukkan eksistensinya sampai detik ini.
Sejak kemunculannya di Indonesia, Hardcore seakan dijadikan lebih dari sebuah aliran musik oleh penyuka musik ini. Banyak dari Hardcore Kids ( sebutan bagi para penggemar musik hardcore) yang menjadikan Hardcore sebagai pandangan hidup mereka. Mereka menganggap Hardcore tidak hanya tentang musik. Hardcore di anggap sebagai sebuah perlawanan menuju perubahan bagi diri mereka sendiri dan orang lain. Banyak dari mereka yang akhirnya membuat sebuah komunitas pecinta musik Hardcore. Di Indonesia komunitas-komunitas tersebut tersebar luas di berbagai kota besar, sebut saja Bandung Hardcore (BHC), Jakarta Hardcore (JKHC), Solo City Hardcore (SBHC), Surabaya Hardcore (SBHC), Malang City Hardcore (MCHC) dan masih banyak lagi komunitas lain yang belum terekspos oleh banyak orang. Bagi mereka Hardcore sudah di jadikan sebagai pandangan hidup yang menjadikan hidup mereka lebih baik.
Terlepas dari semua itu Hardcore sudah meresap dalam pemikiran sebagian orang. Musik ini tidak hanya musik keras saja tetapi terdapat makna lain dari musik itu sendiri yang tergambar dari lirik-lirik lagu band Hardcore ataupun perilaku-perilaku dari pecinta musik hardcore. Tema-tema yang terdapat dalam lagu-lagu Hardcore dijadikan sebagai sebuah perlawanan terhadap situasi di sekitar mereka tanpa merusak ataupun melukai orang lain dan alam sekitar. Hardcore diibaratkan sebagai ekspresi pemilihan pola hidup yang di dalamnya terdapat pemikiran untuk hidup lebih baik. Hardcore bukanlah tampilan yang terlihat dari luar tetapi juga dari dalam nurani.
Musik hardcore sudah berevolusi dari hanya sekedar musik menjelma menjadi gaya hidup atau bahkan dijadikan sebagai pandangan hidup. Pandangan hidup inilah yang menjadikan Hardcore berbeda dari genre musik lainnya. Straight Edge adalah istilah lain untuk gaya hidup ini. Straight Edge adalah sebuah gaya hidup, filosofi dan pergerakan anak muda yang menganut anti penggunaan narkoba, penggunaan minuman berakohol, merokok dan sex bebas. Filosofi dari Straight Edge adalah memotivasi hidup untuk tidak merusak diri sendiri dengan mengkonsumsi zat-zat ataupun  hal-hal yang dianggap berbahaya bagi diri sendiri. Inilah yang menjadikan Straight Edge sebagai jalan yang benar tanpa menyakiti orang lain atau bahkan diri sendiri. Jalan lurus yang benar-benar dianggap benar oleh manusia dan dianggap benar oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Hardcore ataupun Straight Edge sebenarnya tidak berlawanan dari ajaran Agama apapun di dunia. Filosofi dari Hardcore ataupun Straight Edge ini membuat hidup orang jauh lebih baik dari sebelumnya. Tetapi perlu di ingat Hardcore bukanlah sebuah agama. Hardcore tidak perlu di Tuhankan ataupun di jadikan simbol dari agama apapun. Jadikanlah musik Hardcore sebagai wahana memotivasi diri sendiri untuk tidak saling menyakiti, tidak saling memusuhi, memperbesar rasa saling menghargai, persatuan dan persahabatan, dan juga tentang perlawanan terhadap musuh-musuh yang nyata di dunia Tuhan ini. Perlawanan yang membuat perubahan lebih baik. Perlawanan tanpa mengorbankan orang lain. “Jadilah pemberontak yang berotak”. Jadikanlah Hardcore sebagai gaya hidup yang tidak bertentangan dengan ajaran Tuhan Yang Maha Esa.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar