Widget edited by super-bee

Minggu, 30 Maret 2014

ANALISIS LIRIK LAGU TERTIKAM DARI BELAKANG " DOWN FOR LIFE "



lirik lagu “ Tertikam dari belakang“ Down For Life



Tertikam dari belakang denyut jantung berhenti
terjerumus rangkaian basi yang suci
tertikam…belati yang kau tusuk
definisi…..pengkhianatan
argumenmu…pembelaan diri
persetan senyuman palsu busuk!!!
menangislah….
berlututlah….
mohon ampunan…atas nama dosa
tertikam dari belakang denyut jantung berhenti
terjerumus rangkaian basi yang suci
tertikam…belati yang kau tusuk
definisi…..pengkhianatan
argumenmu…pembelaan diri
persetan senyuman palsu busuk!!!
menangislah….
berlututlah….
mohon ampunan…atas nama dosa
tertikam dari belakang
pengkhianatan dirimu
takkan termaafkan
hanya satu penebusan…mati!!!







Berikut adalah analisis dari lirik lagu “ Tertikam dari belakang“ Down For Life

1.      Diksi
Diksi merupakan pilihan kata yang tepat, padat dan kaya akan nuansa sehingga mampu mengembangkan dan mempengaruhi daya imajinasi pendengar. Penulisan kata yang digunakan oleh Down For Life ini  lebih banyak ditekankan pada judul lagu tersebut, karena pendengar dibawa lebih dalam untuk menggali apa maksud yang terkandung dalam lagu ini melalui judul tersebut. Pemilihan kata yang di gunakan dari bait pertama hingga terakhir menggunakan makna konotatif, Pengarang mengajak pendengar untuk berfikir mengenai apa yang sebenarnya disekitar kita , semua itu bias saja berubah , penghianatan ada disekitar kita dan jangan pernah mudah percaya pada siapapun.

2.      Imaji
            Dalam lirik lagu “ Tertikam dari belakang“ Down For Life ini menggunakan citraan penglihatan dan citraan penciuman. Terbukti pada pada kata“ argumenmu” dan “menangislah” menggunakan citraan penglihatan. Pada kata “ busuk “ menggunakan citraan penciuman.
3.      gaya bahasa
Walaupun pengertian majas berbeda dengan bahasa, namun majas merupakan bagian dari gaya bahasa. Dalam  lirik lagu “ Tertikam dari belakang“ Down For Life menggunakan majas metafora yang berupa perbandingan dua hal secara langsung, tetapi dalam bentuk yang singkat.  Dalam lagu ini juga menggunakan majas hiperbola yang merupakan kiasan yang menyatakan sesuatu secara berlebihan.

Dibuktikan dalam kalimat “ Terjerumus rangkaian basi yang suci “ . pada kalimat tersebut menggunakan majas metafora yang membandingkan antara basi dengan suci.

Dalam  kalimat “ Persetan senyuman palsu busuk “ menggunakan majas hiperbola yang memberi kiasan senyuman secara berlebihan

4.      Kata konkret
Walaupun lagu “ Tertikam dari belakang“ Down For Life ini tergolong lagu brutal , namun penulisan liriknya menggunakan kata konkret secara keseluruhan
5.      Tema
            Tema yang diangkat oleh Down For Life pada lagu “Tertikam dari belakang” adalah kritik sosial dan penghianatan. Mengacu pada titik jenuh manusia yang tak bisa dijelaskan oleh kata-kata, lirik lagu tertikam dari belakang ini cukup mampu menyuarakan orang-orang yang sudah dikhianati oleh apapun ataupun siapapun. Kata-kata yang bermakna konotatif mampu memberi kritik social pada masyarakat yang selama ini didoktrinasi oleh kepentingan  yang tak bertanggung jawab yang hanya mementingkan nafsu duniawi saja.

6.      Rasa
Didalam lagu “ Tertikam dari belakang“ Down For Life mangajak pendengar agar sejenak merenung dan berfikir sebenarnya apa yang ada disekitar kita. Apakah kita hanya bisa percaya begitu ? dan kepercayaan itu akan sirna jika suatu saat apa yang kita percayai berbalik arah dan membunuh kita secara perlahan. Jadi rasa yang ingin di sampaikan pada pendengar agar jangan mudah percaya pada siapapun

7.      Amanat
Didalam lagu “ Tertikam dari belakang“ Down For Life ini banyak amanat yang bisa diambil. Kita sebagai manusia jangan mudah percaya pada bujuk rayu para penghianat.Walaupun sebenarnya penghianat itu ada dalam setiap hati manusia. Jadi memohon ampunlah pada Tuhan Yang Maha Esa agar kita terlepas dari semua penghianatan yang ada di dunia ini.


oleh.Dyan Scream Uchiha


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar