Widget edited by super-bee

Selasa, 03 Juli 2012

TUGAS AKHIR MEMBACA KOMPREHENSIF ( Resensi Buku )


Nama    : Dian Sukma Raharja
Nim       : A 310 110 107
Kelas     : 2 B
Progdi    : PBSID
Tugas Akhir Membaca Komprehensif



MENILIK SEJENAK MORFOLOGI





Buku                :  MORFOLOGI , Telaah Morfem dan Kata

Penerbit           :  Yuma Pustaka

Tahun terbit     :   2009

Kota terbit       :  Surakarta

Penulis             :   Dr.Muhammad rohmadi, M,hum ,

                           Drs.H.Yakub Nasucha,M.Hum

                           Drs.Agus Budi wahyudi,M.Hum

Tebal                : 275 hal , 14 x 21cm

ISBN                : 978-602-8580-38-0

Jenis                 : Non Fiksi



            Apa bahasa itu ? apakah bahasa itu penting ? apakah linguistik itu ? apapula morfologi
 itu ? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab setelah membaca buku ini dengan seksama dan menyeluruh, dari sampul depan sampai sampul belakangnya , dari BAB 1 sampai BAB terakhirnya.
“ bahasa memiliki peran penting bagi kehidupan manusia sehingga tidak perlu diragukan lagi. Bahasa tidak hanya dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari tetapi bahasa juga diperlukan untuk menjalankan segala aktivitas hidup manusia “ itulah sepenggal kutipan dari pengantar penerbit buku MORFOLOGI , telaah morfem dan kata.
Di buku ini dijelaskan secara umum linguistik lazim diartikan sebagai ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya.  Tuhan memberikan akal dan pikiran kepada manusia , dan manusiapun mampu melahirkan ide-ide kreatif dengan memanfaatkan akal dan pikiran tersebut secara menyeluruh . Salah satu kelebihan manusia adalah penguasaan menggunakan bahasa. Bahasa sendiri dipelajari dengan tujuan sebagai alat komunikasi antarmanusia di dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, manusia mempelajari ilmu bahasa secara terus-menerus sejak lahir hingga akhir hayatnya yang dikenal dengan ilmu lingustik tersebut.  
Walaupun bahasa bukan satu-satunya alat komunikasi manusia , tetapi tidaklah berlebihan bila bahasa disebut sebagai alat komunikasi terpenting bagi manusia, karena setiap harinya kita menggunakan bahasa tersebut untuk memenuhi dan menunjang kehidupan manusia. Tidak hanya dengan sesama manusia saja kita menggunakan bahasa , tetapi dengan Tuhanpun kita juga menggunakan bahasa dalam berinteraksi denganNya , hanya saja bahasa yang kita gunakan untuk berinteraksi denganNya berbeda dengan kita berbahasa dengan manusia.


Didalam ilmu lingustik terdapat beberapa cabang ilmu yang ada didalamnya . Di buku ini kita akan dijelaskan secara panjang lebar tentang salah satu dari cabang ilmu linguistik yaitu morfologi . Morfologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang  berhubungan dengan bentuk kata atau struktur kata dan pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap jenis kata dan makna kata. Morfologi juga merupakan bagian dari kajian linguistik mikro untuk menelaah morfem dan  kata , serta kombinasi-kombinasinya.
“ Buku ini mengulas masalah-masalah konsep teori dan praktik morfologi. Telaah pada buku ini dititik beratkan pada aspek-aspek linguistik struktural. Khusus kajian morfologi ini menjelaskan dan mendeskripsikan aspek-aspek morfem dan kata “ pengantar penerbit
Tidak hanya pengertian tentang morfologi saja yang akan dibahas melalui buku ini, tetapi juga terdapat beberapa bab yang ada dalam buku ini , diantaranya :
-           Morfem dan ruang lingkupnya
-          Morfem dan kata
-          Proses Morfologis
-          Proses afiksasi, Nosi ,dan Fungsi afiks
-           Reduplikasi
-          Proses pemajemukan
-          Aneksi dan ruang lingkupnya
-          Jenis kata dalam bahasa Indonesia
Disetiap babnya akan dibahas secara mendalam dan menyeluruh mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan morfologi
Kelebihan dan kelemahan buku
Kelebihan :                                  
-          Dari isi buku ini, secara keseluruhan bahasa yang digunakan oleh penulis sudah cukup baik ,dan tidak terlalu rumit untuk dipahami pembaca.
-          Pengaturan bab perbab nyapun sudah cukup memudahkan para pembaca untuk mengambil inti dari bab tersebut.
-          pada halaman 263 terdapat istilah-istilah morfologi yang memudahkan pembaca untuk memahami.  
-          Dalam bab X terdapat Jenis kata dalam bahasa Indonesia, yang memudahkan para pembaca tahu tentang jenis kata dalam bahasa Indonesia seperti , Kata keterangan , kata sambung , kata depan , kata sandang, dan kata seru.
-          Adanya latihan-latihan dan perenungan materi pada halaman 259
-          Biografi singkat para penulis buku ini juga merupakan salah satu kelebihan dari buku ini , sehingga para pembaca tahu sosok-sosok penulis buku ini
Kekurangan :
-          Jika dibandingkan dengan buku lain yang sejenis buku ini terasa kurang lengkap , itu karena di setiap bab yang di jelaskan banyak terdapat kutipan dari buku yang terbit sebelumnya.
-          Menurut saya cover buku ini kurang menarik , karena terlalu monoton dan tidak ada variasi yang mencolok , akan lebih baik jika cover buku ini lebih beragam desainnya namun tetap minimalis dan tidak berlebihan.
Sebenarnya siapa orang yang ada dibalik  buku ini ? pertanyaan itu yang akan saya jawab dalam resensi ini . penulis buku ini tidak hanya satu orang tetapi ada tiga orang yaitu :
 Dr.Muhammad rohmadi, M,hum ,
Drs.H.Yakub Nasucha,M.Hum
Drs.Agus Budi wahyudi,M.Hum
Ketiganya saat ini adalah dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta , kalau pembaca ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap dari penulis , maka hendaknya pembaca membaca buku ini , karena pada halaman belakang buku terdapat biografi singkat tentang penulis.

Jadi dengan membaca buku ini diharapkan para pembaca paham tentang salah satu cabang linguistik. Cabang linguistik tersebut yaitu morfologi , serta mengerti tentang telaah morfem dan kata
Semoga resensi ini menjadi rekomendasi bagi pembaca untuk membaca buku ini , karena menurut saya buku ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa dan pemerhati bahasa , tetapi juga bagi masyarakat umum untuk menambah wawasan dalam bidang linguistik, khususnya morfologi. Selamat membaca buku ini , karena buku adalah jendela dunia , dan dengan buku insyaallah kita akan tahu tentang sesuatu yang belum kita ketahui.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar